Sabtu, 06 Desember 2008

Idul Adha 1429 H

Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 Hijiriyah


Tak terasa beberapa jam lagi kita (khusus umat muslim) akan melaksanakan ibadah qurban. Ibadah qurban yang juga merupakan bukti pengorbanan kepada Allah SWT yang tercermin dari perilaku Nabi Ibrahim. Ketika itu Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail, walaupun berat, nabi Ibrahim tetap istiqamah dan menunjukkan bukti kecintaannya kepada Allah SWT. Begitulah Allah menguji orang-orang yang dicintaiNya dan DirahmatiNya. Pengorbanan nabi Ibrahim yakni anaknya diganti oleh Allah SWT dengan seekor qibas atau sejenis hewan.

Dari semangat ibadah qurban banyak hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil. Pertama, ini adalah bentuk ketakwaan seorang hamba akan perintah Allah SWT. Kedua, adanya prisip solidaritas terhadap sesama terutama kepada kaum papa dengan mendistribusikan daging qurban. Ketiga, adanya semangat keikhlasan terhadapa harta yang dicintai untuk saling berbagi kepada sesama manusia.

Dalam kontek krisis global sekarang ini, pesan dari ibadah qurban sangat relevan sekali. Dalam kondisi yang tidak menentu saat ini, sudah saatnya kita saling peduli dan bergandengan tangan dalam menghadapi semua tantangan didepan. Sehingga bangsa ini juga bisa melewati setiap krisis yang datang seperti krisis global saat ini.

Semoga ibadah qurban tahun ini semakin menambah semangat ibadah kita kepada Allah SWT. Mudah-mudahan mencapai derajat takwa. Aamiin.

1 komentar:

Budi Hermanto mengatakan...

Met Idul Adha..
Ya bro..
..