Rabu, 15 Oktober 2008

Do You Know?

Sambal Itu Sehat Lho!

Barangkali kita semua sepakat rasanya makan tanpa diiringi dengan sambal rasanya kurang lengkap. Bahkan ada yang bilang walaupun tidak punya duit buat bilang daging, makan dengan sambalpun terasa nikmat. Tetapi bagi mereka yang lain, mungkin dikarenakan kondisi kesehatan, sambal tidak dianjurkan dikonsumsi.

Kandungan Sambal

Didalam sambal yang mana bahannya berasal dari cabe rawit itu ternyata mengandung vitamin C dan betakaroten (pro vitamin A). Zat yang dikandung cabai mengalahkan buah-buahan popular seperti mangga, nanas, papaya atau semangka. Bahkan kadar kalsium dan fosfornya mengalahkan ikan segar.

Rasa Pedas Sambal

Ternyata dalam sambal itu terkandung komponen kapsaisin. Ini tersimpan dalam urat putih cabai – tempat melekatnya bijinya. Untuk mengurangi rasa pedas sambal sebagian orang membuang urat biji pitihnya beserta bijinya. Sebenarnya khasiat terbesar pada cabai itu sendiri terdapat dalam komponen kapsaisin itu tadi. Komponen Kapsaisin menjaga darah tetap encer dan men cegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah.

Manfaat Komponen Kapsaisin:
- meningkatkan gairah makan
- melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung
- sebagai anti radang dan mengobati bisul dan bengkak

Walaupun begitu, mengkonsumsi komponen kapsaisin ini tidak boleh pula berlebihan. Karena akan meningkatkan asam lambung dan bisa menyebabkan sakit perut. Dan Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu kawannya setan.

Hal yang perlu dihindari

Jangan minum minuman yang bersoda (soft drink) dan air hangat dikala kepedasan, karana akan menambah panas di bibir dan rasa pedas.

Berani mecoba pedasnya sambal???Bagaimana dengan anda???

Tidak ada komentar: