Rabu, 15 Oktober 2008

Do You Know?

Hal Yang Diperhatikan Saat Buang hajat

Judul diatas memang kelihatan sepele. Tetapi tahukah kita bahwa kebanyakan dari kita terkadang melupakan hal yang mestinya kita jaga saat buang hajat. Di toilet-toilet kantor, banyak dari kita yang kadang-kadang melakukan hal-hal yang tidak seharusnya kita lakukan. Sadar atau tidak saar kita berarti belum beretika dalam buang hajat. Tentu inilah yang membedakan manusia sebagai makhluk mulia dengan hewan. Berikut beberapa nukilan sabda Nabi.

Nabi bersabda, “Jangan sekali-kali seseorang diantara kamu memegang dzakar (kemaluannya dengan tangan kanannya disaat ia kencing, dan jangan pula bersuci dari buang air dengan tangan kanan”

Perlu ditegaskan bahwa bahwa tangan kanan adalah untuk hal yang baik seperti makan dan minum, sedang tangan kiri untuk hal seperti bersuci dari buang hajat

Diriwayatkan dari Umar. “bahwa sesungguhnya ada seseorang lelaki lewat, sedang Rasulullah sedang buang air kecil, lalu orang itu memberi salam kepada Nabi, namun beliau tidak menjawabnya (riwayat muslim)

Tentu alangkah baiknya ketika kita sengan buang hajat untuk tidak bercakap-cakap. Nah, kebanyakan teman-teman kantor sering melupakan hal ini.

Berikut sabda nabi tentang bersuci, “kami dilarang oleh Nabi beristinja’ (bersuci) dengan menggunakan kurang dari tiga biji batu atau beristinja dengan menggunakan kotoran hewan atau tulang. (riwayat muslim)

Semoga bermanfaat.
(sumber majalah nikah)

Tidak ada komentar: